Cumi asam manis (versi 2)

January 25, 2008 at 1:59 am Leave a comment

cumi_asammanis >> hmmmm ..mak nyusss….^-^

saus_asammanis >> ini sausnya..
Tadi pagi si rencananya mo bkin rawon gtu..tapi nyari daging tu lo…di tiga tempat belanja dah abis semua..^-^. Akhirnya nemu cumi2 lagi. Yo wes deh tak masak asam manis.
Resepnya si mirip sama yang kmaren itu ya..
Tapi yang kmaren kan cuminya gak pake di goreng sama tepung. Kali ini aku bkin cuminya di goreng ma tepung kanji plus tepung bumbu. Biar gak hambar.
Trus untuk sausnya..tomatnya gak pake acara di blender..cuma dipotong2 kecil-kecil gtu. Dan ternyata hasilnya lebih yummy….:).
Bahan:
– cumi, cuci bersih..hilangkan tintanya..potong2
Bumbu:
– bawang putih, geprek trus di rajang halus
– bawang bombay
– jahe, potong kayak korek api
– tomat, potong kecil2
– garam
– gula
– sedikit merica

Caranya:
Goreng cumi yang sudah di lumuri tepung. Minyaknya harus bener2 panas. Biar crispy..:). Udah selese cumi digoreng…bkin sausnya..^-^.
Caranya..tumis bawang putih sama jahe..ampe harum..masukkan bawang bombay, tomat, garam, gula sama sedikit aja merica. Aku numisnya si pas wajan dalam kondisi panas bgt ya..jadi tu tomat lebih yummy jadinya. Sengaja gak diblender dan gak pake saus tomat biar lebih seger aja..dan emang bener lo..^-^. Kalo mau asamnya lebih kuat..tambahin aja cuka..:).
Tadi si cuminya cuma sebagian aja yang disiram sausnya..sisa sausnya ditaruh tempat lain. Biar lebih enak dan cuminya tetep crispy. Nanti kalo yang disiram dah abis..ya tinggal nyiram aja sisa cumi goreng sama saus asam manisnya..Hmmmm..yummmyyy…mak nyusssssss..
tadi pengennya ditambahin potongan nanas gtu..biar lebih seger…Halah..tapi kok gak ada yak..^-^


.. o iya..lupa..biar kuah sausnya kental..tambahkan larutan maizena ato kanji dkit aja yak..^-^

Powered by ScribeFire.

Entry filed under: food. Tags: .

duhhhh Apa ini enaknya judule yo..:d

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Banner

Blogger Ngalam

Blog Stats

  • 60,594 hits

Archives

Top Clicks

  • None

%d bloggers like this: