Kembalikan Bentuk 5P Anda

October 22, 2008 at 8:34 am Leave a comment

dapet dari sini
Buat yang pengen langsing setelah melahirkan..monggo dibaca..:)
—————————————————————————————–
Meski berat badan sudah kembali normal, tetap saja ada lemak berlebih yang bertengger pada 5P: Perut, Payudara, Punggung, Pantat, dan Paha. Ikuti tip M&B untuk mengencangkan kembali lekuk tubuh Anda!

Masa hamil sudah selesai, baby blues pun sudah lewat. Kini sudah enam bulan setelah Anda melahirkan. Tapi Anda belum juga bisa masuk ke dalam jeans dan gaun lama Anda. Anda pun bertanya-tanya, “Mungkin nggak sih, tubuh wanita yang sudah melahirkan bisa singset seperti masih gadis dulu?” Jawaban M&B: mungkin saja!

Dengan menyusui, mengurus anak, dan diimbangi diet seimbang, berat badan bisa cepat turun mendekati berat badan sebelum hamil. Tapi kenyataan pahit yang tak kunjung hilang adalah sayap di pinggul dan paha, pantat yang turun, dan perut yang menggelambir. Senjata menghancurkan mereka secara alami adalah olah raga.

Begitu Anda membaca kata “olah raga”, sederet alasan pun muncul untuk
mendukung malasnya Anda berolah raga. Ayo, hapus rasa malas itu! Jika waktu adalah alasan Anda, maka Anda cukup ganti agenda menonton infotainment atau ngopi di sore hari dengan berolah raga. Anda hanya perlu 30-60 menit setiap harinya dan waktu ini sangat mungkin tersedia dari 24 jam hari Anda.

Jika Anda ragu mengingat pemberian ASI bagi si kecil, konsultasilah pada dokter Anda. Bila Anda makan 1800 kalori per hari dan hanya turun berat badan tidak lebih dari 1.8 kilo perbulan, hal ini masih dikategorikan aman bagi produksi ASI. Dokter merekomendasi untuk menunggu hanya 4-6 minggu setelah persalinan normal (lebih lama untuk persalinan caesar) sebelum Anda memulai olah raga.

Kini Anda sudah tak punya alasan lagi untuk tidak berolah raga. Apalagi olah raga terbukti meningkatkan stamina, memperbaiki kualitas tidur, dan meningkatkan happy hormone. Siapa yang tidak mau? Mari ikuti tip M&B berikut untuk membasmi para gelambir di tubuh Anda!

1. PERUT

Perut adalah bagian tubuh yang paling “keras kepala”. Sayangnya, inilah bagian yang membesar hingga 60 cm saat Anda hamil. Tidak perlu berlelah-lelah sit up, cukup dengan latihan berikut ini perut Anda bisa kencang kembali.
Lakukan ini sambil duduk atau berdiri:
a. Tarik otot perut ke dalam dan tahan selama lima detik lalu lepas. Letakkan telapak tangan Anda pada perut agar Anda bisa merasakan perut yang mengempis.
b. Lakukan berulang sepuluh kali. Jika sudah makin kuat, lakukan latihan ini dengan menahan otot perut selama sepuluh detik.

Lakukan ini sambil berdiri atau berbaring telentang:
Tarik otot perut ke dalam, lalu dorong panggul Anda ke depan sampai tubuh Anda tegak lurus. Tahan selama 5-10 detik lalu lepas. Ulangi sepuluh kali.

Lakukan ini sambil bertumpu pada lutut dan telapak tangan:
a. Tarik otot perut lalu dorong ke atas sehingga punggung Anda melengkung seperti kucing. Tahan selama lima detik lalu kembalikan ke posisi semula. Ulangi sepuluh kali.

2. PAYUDARA

Masa hamil dan menyusui membuat payudara membesar dan mengendur. Dengan dukungan bra yang tepat dan latihan wall press-up berikut, payudara Anda bisa tetap kencang dan seksi.
a. Berdirilah menghadap tembok dan letakkan kedua telapak tangan ke dinding sejajar dengan bahu.
b. Angkat salah satu kaki ke belakang sambil tekuk siku tangan Anda.
c. Ketika kaki terangkat, berat badan Anda bertumpu pada tangan.
d. Kembali ke posisi semula dan ulangi 10-12 kali dengan mengganti kaki.

3. PUNGGUNG

Setelah sembilan bulan menanggung beban beratnya perut Anda, punggung Anda perlu perhatian ekstra agar tidak bungkuk. Mulailah dengan berdiri dengan tegak sehingga perut Anda masuk ke dalam.
a. Berbaring tengkurap dengan tangan lurus ke depan seperti meluncur.
b. Angkat lengan kanan dan kaki kiri sampai beberapa senti di atas lantai. Tahan selama dua detik, lalu ulangi dengan lengan dan kaki yang berlawanan. Lakukan ini dua kali 10-12 untuk tiap sisi.

Lakukan juga latihan berikut dengan posisi berlutut dan telapak tangan menumpu di lantai.
a. Angkat lengan kanan setinggi bahu dan kaki kiri setinggi pantat. Jaga perut dan pinggang Anda sejajar.
b. Tahan selama 2 detik, lalu ulangi dengan lengan dan kaki yang berlawanan. Lakukan ini dua kali 10-12 untuk tiap sisi.

4. PANTAT

Kata orang, ibu yang sudah pernah melahirkan pasti akan turun pantatnya. Mari kita patahkan mitos ini dengan latihan berikut yang juga akan mengencangkan otot paha depan (quadriceps) dan belakang (hamstrings).

Hip flexor stretch
a. Berbaring tengkurap dan tekuk lutut kanan sehingga Anda bisa memegang pergelangan kaki Anda.
b. Tarik pergelangan kaki hingga menempel pada pantat sambil tekan pinggul kanan ke lantai. Anda akan merasakan tarikan di sepanjang otot pinggul Anda. Tahan selama 20 detik, lepas, lalu ulangi untuk sisi kiri.

Bum squeeze
a. Tarik dan kencangkan otot pantat Anda selama beberapa detik, lepas, dan ulangi. Anda bisa melakukan ini sepanjang hari.

Lunges
a. Dengan berdiri, letakkan kaki kanan Anda maju ke depan dan kaki kiri jauh ke belakang.
b. Jaga tubuh Anda tetap tegak. Tekuk lutut kaki kanan hingga paha sejajar dengan lantai.
c. Turunkan lutut kiri hingga mendekati lantai. Lalu naik kembali hingga kedua kaki lurus. Ulangi dengan kaki yang sama sebanyak 12 kali. Kemudian ganti kaki dan lakukan 12 kali lagi.

5. PAHA

Jika bentuk tubuh Anda seperti buah pir, maka lemak berlebihan di simpan di perut dan pantat. Sisanya? Akan turun ke paha. Latihan berikut akan memahat “sayap” di paha Anda.
a. Berbaringlah pada tubuh bagian kanan dan letakkan kepala pada siku tangan kanan Anda.
b. Tumpukan telapan tangan kiri Anda di depan perut.
c. Perlahan tekuk lutut kaki kiri dan bawa lutut kiri ke depan hingga menyentuh lantai, melintangi kaki kanan Anda. Anda akan merasakan tarikan pada otot paha dalam.
Ulangi sepuluh kali, lalu ganti kaki.

Entry filed under: General. Tags: .

simple cake happy 3 months honey..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Banner

Blogger Ngalam

Blog Stats

  • 60,605 hits

Archives

Top Clicks

  • None

%d bloggers like this: